Minggu, 22 September 2013

Gebyar Festival Seni

Tepat,10 Juli 2012 baru saja dilaksanakan gebyar festival seni pelajar yang berpusat di SMP Kreatif Muhammadiyah, Jatinangor, Sumedang Jawa Barat, Kegiatan yang berlangsung berupa ajang  penampilan kreativitas pelajar SD, SMP dan TK se-Kabupaten. Festival seni ini merupakan momentum positif untuk mengasah kepercayaan diri para pelajar terhadap kemampuan atau pun keterampilan yang dimilikinya sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini , kreativitas tersebut dapat terus dikembangkan menjadi hal yang positif untuk dirinya dan lingkungan.
Gebyar festival seni terbagi dalam beberapa kegiatan seperti penampilan seni tari, seni musik, (tradisional dan umum) murotal, pameran kreativitas dan pidato agama. Hampir dari emua acara diisi oleh pelajar-pelajar kreatif dan cerdas. Masyarakat yang hadir terlihat antusias dengan penampilan pelajar tersebut. Bagaimana tidak? Pada festival ini, anak berumur 6 tahun pun ikut menampilkan bakat mereka seperti bernyanyi dan menari di stage. Dengan baju lucu yang seragam dan aksesoris yang begitu menarik menambah kesan atractive acara ini.  Luar biasanya adalah mereka tidak merasa malu menampilkan bakatnya di depan ratusan orang yang hadir.

Di acara ini juga disiapkan stan-stan mini untuk pelajar menampilkan hasil kreasinya berupa barang uyang bernilai seni dan bernilai jual.
Pelajar lainnya seperti setingkat SD juga menampilkan bakat tari tradisional dan tari bebas. Penampilan apik mereka turut menghipnotis penonton, sesekali penonton tertawa dengan penampilan lucu mereka. Yang menjadi seru acara ini adalah apa yang jarang terjadi di kebanyakan kegiatan seni lain, terjadi disini. Seru!. Di festival seni ini tidak hanya menampilkan sisi seni musik ataupun tari, namun juga menyisipkan nilai-nilai agama. Seperti penampilan murotal ataupun hafidz ayat suci juga ada di acara ini. Seperti yang dilakukan pelajar SMP dengan penampilan hafidznya (hafalan ayat suci) yang begitu menampar mata batin kita yang melihat.

Bagaimana tidak? Saat ini, masih banyak orang yang tidak banyak hafal ayat-ayat kitab suci, tidak hanya para remaja, orang dewasa bahkan tua pun masih ada yang belum fasih membaca ataupun menghafal ayat suci. tapi pelajar ini sebaliknya. Mereka terlihat tenang dan fasih melantunkan hafalan surat kitab di depan penonton. Selain itu juga, para pelajar SMP ikut menampilkan tari tradisional seperti tari sunda, tari saman.

Acara akhir festival ini adalah penampilan pidato religi dari ustadz. Irfan (Da’i Muda ANTV). Dai Irfan ini selain muda, cerdas (Lulusan Al-Azhar Kairo Mesir) dan tampan, beliau juga mengantarkan pidatonya dengan topik yang menarik, pemakaian bahasanya pun begitu ringan sehingga mudah dipahami penonton. Tidak heran, jika penampilan beliau begitu atraktif.
Banyak kekagetan yang terjadi di lapangan, kekagetan itu datang karena penampilan mereka yang cukup mengesankan dan luar biasa berani. Apalagi jika dibandingkan dengan keterbatasan fasilitas yang ada di sekolah SMP ini, namun, itu bukan menjadi hambatan untuk mereka berkembang kreatif dan breprestasi. Semoga, dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meyakinkan siswa untuk percaya akan dirinya dan terus mengembangkan kemampuan yang dimiliki demi cita-cita yang ingin mereka capai. Sungguh bangga Indonesia kaya akan anak-anak yang kreatif dan berprestasi. Seperti yang terjadi pada pelajar disini.
Mereka anak bangsa yang berpotensi, Coba bayangkan, dengan keadaan yang terbatas saja mereka bisa kreatif dan berprestasi apalagi dengan keadaan yang cukup.
Dan pada akhir acara,  terdapat acara peyerahan hadiah kepada pemenang lomba pidato bahasa Sunda, hafidz dan paduan suara tingkat kabupaten yang telah dilaksanakan sebelum acara gebyar festival diadakan. 

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Gerakan pemuda bangsa yang peduli dan solutif untuk menciptakan perubahan positif terhadap isu-isu sosial